Kamis, 18 September 2014

Batang Hari Diantara ‘Pertarungan’ Olahraga dan Politik



Oleh : Muhammad Aris, SH*


PADA tahun 2015 mendatang, Kabupaten Batang Hari akan menghadapi tiga momen penting yang tidak bisa dielakan. Ketiga momen itu adalah dua momen politik (baca-Pemilukada) dan satu momen olahraga. Untuk pemilukada adalah Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2015-2020 digelar sekitar april 2015 dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batang Hari periode 2016-2021 sekitar Oktober 2015. Sementara Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jambi XXI bakal padar mei ditahun yang sama. Kesimpulannya, penyelenggaraan PORPROV berada diantara dua momen pemilukada.

Sebagai tuan rumah yang ditunjuk untuk melaksanakan even olahraga terbesar di Provinsi Jambi itu, Kabupaten Batang hari sendiri terus melakukan penyempurnaan baik tehnis, maupun sarana dan prasarana. Untuk masalah tehnis, Panitia Pelaksanan PORPROV Jambi XXI/2015 dan Panitia Besar PORPROV Jambi XXI/2015 telah dibentuk, meski saat ini masih menunggu pengesahan dari Provinsi Jambi. Sementara untuk sarana dan prasarana, Kabupaten Batang Hari bersama KONI dan Pemkab Batang Hari terus melakukan penyempurnaan venue-venue atau fasilitas gedung olahraga, seperti GOR Basket, Bulutangkis, Renang, lapangan Sepakbola, dan arena cabor lainnya termasuk GOR serbaguna yang saat ini proses pembangunan telah dimulai. Disamping itu, 18 sarana pendidikan yang akan digunakan untuk menampung peserta kontingen dari 11 kabupaten/kota juga telah disiapkan dan akan disempurnakan fasilitas pendukungnya.

Sebagai kabupaten tertua di Provinsi Jambi, sudah sewajarnya Kabupaten Batang Hari akan menjadi tuan rumah yang baik dengan memberikan kualitas penyelenggaraan dan peningkatan kuantitas prestasi. Tidak seperti penyelenggaraan PORPROV sebelumnya, KONI Batang Hari sudah mengawali pencarian ikon PORPROV Jambi, dengan menggelar sayembara desain maskot dan logo PORPROV XXI/2015 pada bulan mei hingga juni 2014 yang disemarakan 95 desain yang masuk berasal  dari 44 peserta di sembilan Provinsi di Indonesia, yakni Jambi, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Jawa Timur. Sementara peserta dari dalam Provinsi Jambi sendiri datang dari Kabupaten Batang Hari, Muarojambi, Bungo, Tanjab Timur, Tanjab Barat, Kerinci dan Kota Jambi. Untuk pemenang sayembara kategori logo atasnama SYAHRIAL SURYANDANA dari Kota Surabaya, Jawa Timur. Sementara pemenang kategori maskot atasnama EDI DHARMA dari Kota Jambi, Jambi.

Selain menyempurnakan persiapan penyelenggaraan, KONI Batang Hari sendiri secara internal telah menyiapkan atlit-atlit yang akan berlaga di PORPROV nanti. Hal ini ditandai dengan dimulai proses seleksi atlit-atlit Kabupaten Batang hari melalui proses training centre (TC) atau pemusatan latihan berjalan yang dibuka resmi Bupati Batang Hari Sinwan SH, 12 Agustus 2014 lalu. TC jalan itu digelar akan agustus hingga desember 2014. Selanjutnya, hasil seleksi tahap pertama itu akan dilanjutkan pada TC terpusat pada bulan februari hingga april 2015. Dimana sebanyak 28 cabang olahraga (cabor) yang akan menjalani seleksi dan TC berjalan pada agustus hingga desember 2014 adalah sepak bola, bola voli, pencak silat, angkat besi dan binaraga, tenis, tenis meja, tae kwon do, atletik, renang, sepak takraw, karate, tarung drajat, billiar, gulat, kempo, balap motor, panahan, bulu tangkis, catur, dayung, panjat tebing, balap sepeda, bola basket, drum band, tinju, wushu, bridge dan judo. Dari 28 cabor tersebut tercatat 461 kelas dengan melibatkan 737 orang terdiri 649 atlit, 88 pelatih yang akan diawasi 46 orang dari unsur pengurus KONI Kabupaten Batang Hari.

Sebagai tuan rumah, KONI dan Pemkab Batang Hari sudah menyampaikan laporan kesiapan selaku tuan rumah pada Rapat anggota tahunan (RAT) KONI Provinsi Jambi di Hotel Aston 16-17 Juni 2014 lalu dihadapan peserta RAT dan Ketua Umum KONI Provinsi Jambi AS Budianto. Semua pihak sangat berharap dengan penyelenggaraan PORPROV Jambi kali ini bisa menjadi percontohan dan tolak ukur bagi daerah lainnya.

Bagaimana dengan hiruk pikuk Pemilukada. Untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi saat ini baru dua nama yang muncul kepermukaan , yakni Hasan Basri Agus/HBA (Gubenur Jambi) dan Zumi Zola(Bupati Tanjab Timur), sementara di Pemilukada Batang Hari, sejumlah nama beredar di masyarakat, diantaranya. diantaranya. Sinwan SH (incumbent/politisi), Yazirman, SE, M.Si (birokrasi), Ir. Syahirsah SY (politisi), H. Arzanil (pengusaha), Drs. H. Ali Redo (birokrasi), Camelia Puji Astuti(putri H.Hasip Kalimuddin Syam), Hasbi Ansori SE, MM (politisi), Jasasilla, SE (politisi), Supriadi, ST (politisi), Drs. H. Fathuddin Abdi, Sm.Hk, MM (tokoh masyarakat), H. Ardian Faisal SE, M.Si (birokrasi), Ir. Erpan, ME(mantan birokasi), Zarkasih, SKM, Sugiono (politisi).
Penulis yang pernah bergelut di dunia jurnalistik dan penyelenggara pemilu, sangat merasakan tarik menarik dan intervensi kepentingan yang kuat khususnya didunia politik (baca-momen Pemilukada) apalagi menjelang,  saat dan sesudah penyelenggaraan pemilukada. Biarlah dunia politik masuk ke wilayah politik dan dunia olahraga masuk ke wilayah olahraga, dan satu sama lain jangan dicampuradukan. Biarkan Olahraga di Provinsi Jambi berkembang dan mengembalikan kejayaan Olahraga Jambi. Saya yakin, para pengurus KONI baik di Provinsi Jambi dan Kabupaten/kota yang sebagaian ada berlatarbelakang pengurus partai politik akan mampu memilah secara bijak dan menempatkan sesuatu secara proprosional dan profesional dalam mewujudkan program merpati emas 2016 dan program prima KONI Pusat, sekaligus mensukseskan Pemilukada seperti pepatah sekali mendayung dua pulau terlampau. Salam Olahraga...!!!. (M.ARIS, SH/Pengurus KONI Kabupaten Batang hari 2014-2018).

1 komentar:

Anonim mengatakan...

How to Make Money From Betting Online | How To Make Money From Betting Online
Online gambling is the lifeblood หารายได้เสริม of the sports betting industry today. This is why we've taken a very critical step towards the best possible outcome for