Kamis, 18 September 2014

Dari cerita rakyat ikan tapa malenggang, Batang Hari impikan tri-S,



Oleh : Muhammad Aris, SH*


Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jambi XXI yang rencananya akan digelar 28 Mei – 9 Juni 2015. Kabupaten Batang Hari yang menjadi tuan rumah terus melakukan pembenahan dan penyempurnaan persiapan, baik penyempurnaan sarana dan prasarana olahraga,  persiapan atlit kontingen tuan rumah hingga persoalan persiapan tehnis lainnya. Sebagai Kabupaten tertua di Provinsi Jambi, sudah barang tentu daerah yang berjuluk bumi serentak bak regam itu harus berani tampil beda dan segala hal khususnya dalam penyelenggaraan.  Kabupaten Batang Hari sendiri bertekad mensukseskan program tri-S (sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses administrasi), ini seiring telah beberapa kali Kabupaten Batang Hari secara beruntun menerima predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Dari persiapan dan penyempurnaan sarana fisik yang dilakukan tuan rumah terus digenjot menjelang pembukaan PORPROV XXI Jambi yang akan dipusatkan di Stadion KONI Kabupaten Batang Hari jalan Pemuda Kelurahan Teratai, Muara Bulian. Untuk sarana olahraga, saat ini sarana Gelanggang Olahraga (GOR) serbaguna di jalan Jenderal Sudirman KM 1 Muara Bulian atau di arena Bulian Sport Center (BSC) dalam proses pembangunan. GOR serbaguna ini nantinya akan digunakan untuk pertandingan cabor drumband, sepak takraw, bola voli. Di lokasi arena BSC itu sarana olahraga (venue) sebelumnya sudah berdiri kokoh, yakni venue indoor khususnya olahraga renang dan venue indoor bulu tangkis.

Venue lainnya yang hampir rampung adalah venue indoor bola basket yang berada di Simpang Taman jalan Jenderal Sudirman, Muara Bulian, begitupun dengan arena outdoor lapangan Tenis yang berdampingan dengan venue indoor bola basket itu juga tinggal disempurnakan. Kemudian sarana panjat tebing yang berada di lapangan Garuda Muara Bulian itu sudah disiapkan dan saat ini, atlit-atlit panjang tebing kontingen Batang Hari tengah memanfaatkannya untuk persiapan seleksi atlit.

Bagaimana sarana fisik lainnya?. Venue indoor STIE Muara Bulian yang sudah rampung itu akan diperuntukkan cabor karate, wushu, angkat besi, tarung derajat, catur dan judo, begitupun Gedung Pemuda dan Kebudayaan Batang Hari yang akan digunakan untuk cabor billiar dan bridge. Untuk venue cabor gulat akan menggunakan Venue indoor Jalan Sri Soedewi samping rumah dinas Bupati Batang Hari. Untuk cabang sepak bola dan atletik akan digelar di Stadion KONI Batang Hari yang saat ini sudah bisa digunakan, khususnya untuk rumput lapangan sepakbola akan terus disempurnakan. Sementara untuk cabor tae kwon do akan menggunakan gedung eks DPRD Batang Hari yang berdampingan dengan venue indoor bola basket. Untuk dayung sendiri sesuai rencana akan memanfaatkan daerah aliran sungai (DAS) Sungai Batang Hari di kawasan Muara Bulian. Lalu, untuk balap motor saat ini bakal memanfaatkan arena balapan bebe’an Muara Bulian dan balap sepeda akan menggunakan jalur lintas Muara Bulian-Jambi. Tenis meja sendiri bakal memanfaatkan venue indoor tenis lapangan yang berada di kawasan simpang taman.

Selain menyiapkan sarana olahraga, tuan rumah juga menyediakan sejumlah tempat penginapan peserta PORPROV XXI Jambi dari 11 kabupaten/kota. Sebanyak 18 sarana pendidikan yang berada di wilayah Kecamatan Muara Bulian telah dipersiapkan dan terus menyempurnakan sarana pendukungnya seperti kamar mandi, WC, pendingin ruangan dan penerangan. Untuk kepanitian PORPROV XXI Jambi yang melibatkan berbagai elemen itu telah dibentuk dan tinggal pengesahan dari Provinsi Jambi.

Untuk mengangkat karateristik dan budaya masyarakat Kabupaten Batang Hari, ikan tapa resmi menjadi ikon sayembara khusus maskot PORPROV. Untuk mendapatkan desain sesuai harapan, melalui KONI Kabupaten Batang Hari menggelar sayembara desain maskot dan logo PORPROV XXI/2015 pada  mei -juni 2014. Sayembara itu disemarakan 95 desain berasal  dari 44 peserta di 9 Provinsi di Indonesia yakni; Jambi, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Jawa Timur. Sementara peserta dari dalam Provinsi Jambi sendiri datang dari Kabupaten Batang Hari, Muarojambi, Bungo, Tanjab Timur, Tanjab Barat, Kerinci dan Kota Jambi. Untuk pemenang sayembara kategori logo atasnama Syahrial Suryandana dari Kota Surabaya, Jawa Timur. Sementara pemenang kategori maskot atasnama Edi Dharma dari asal Jambi.

Di Kabupaten Batang Hari, masyarakat mengenal cerita ikan tapa yang lebih dikenal ikan tapa malenggang. Dari sejarah yang disadur dari Lembaga Adat Kabupaten Batang Hari, mengisahkan ada tiga ikan sakti bernama  tapa malenggang (mambang di awan), tapa kudung (mambang di bulan) dan tapa tima ( mambang sakti). Ketiga ikan tersebut adalah kakak beradik (bersaudara)  orang tuanya bernama Sati menggung (ayah) dan Sicindai Laut (ibu).Sati Menggung      kakak beradik dengan Datuk She Sipanjang  Jangut, istrinya bernama Dewo Sakti. Datuk She Sepanjang Jangut mempunyai anak tigo orang yakni, Nan tuo bernama Siti Muno, Nan  tengah bernama Rajo Mudo, Nan mudo bernamo Mabang Di Rete.

Ketiganya mendapat tugas dan gelar sesuai tugas yang diberikan  Siti Muno  bertugas di Muaro Sungai Temsu bergelar Ular Bide. Rajo Mudo bertugas memasang menteban besi  di Gemulun Tujuh Uluan Sungai Batang Hari, Mambang Oi Retee bergelar Labi-Labi Putih  bertugas di Sungai Bekal oleh ayahnya Datuk Seh Sepanjang  Jangut dibekali satu keris bernamo Secangkir Ufas, jika kena keris tersebut seperti serasa minum racun Kedua dibekali ilmu bernama Mentelak Idak Mati Berdara.

Selain menyiapkan sarana fisik dan menyiapkan diri sebagai tuan rumah, KONI kabupaten Batang Hari saat ini tengah menggodok atlit Kabupaten Batang hari yang akan berlaga pada ajang PORPROV XXI melalui proses Training Centre (TC) atau pemusatan latihan berjalan yang dimulai Agustus 2014 lalu. Selanjutnya, hasil seleksi tahap pertama itu akan dilanjutkan pada TC terpusat pada bulan Februari hingga April 2015. Dalam proses penggodokan atlit itu tercatat melibatkan 737 orang terdiri 649 atlit, 88 pelatih dari 28 cabor yang terdiri 461 kelas. Untuk mengoptimalkan seleksi itu, 46 orang dari unsur pengurus KONI Kabupaten Batang Hari dilibatkan dalam pengawasan.

Adapun 28 cabor yang akan dipertandingan pada PORPROV XXI Jambi tersebut adalah sepak bola, bola voli, pencak silat, angkat besi dan binaraga, tenis, tenis meja, tae kwon do, atletik, renang, sepak takraw, karate, tarung drajat, billiar, gulat, kempo, balap motor, panahan, bulu tangkis, catur, dayung, panjat tebing, balap sepeda, bola basket, drum band, tinju, wushu, bridge dan judo. Dari 28 cabor tersebut tercatat 461 kelas dengan melibatkan 737 orang terdiri 649 atlit, 88 pelatih yang akan diawasi 46 orang dari unsur pengurus KONI Kabupaten Batang Hari.

Semoga saja, Kabupaten Batang Hari mampu menjadi pembeda penyelenggaraan PORPROV Jambi dalam sejarah pelaksanaan, tidak hanya menjadi tolak ukur dan percontohan kabupaten/kota di Provinsi Jambi, tapi juga menjadi awal kebangkitan olahraga Provinsi Jambi dalam mendukung program merpati emas KONI Provinsi Jambi menuju PON 2016. Salam Olahraga...!!!. (*penulis adalah Wakil Sekretaris II KONI Kabupaten Batang Hari 2014 -2018).


Tidak ada komentar: